Tips mencabut duri ikan bandeng

Ikan bandeng adalah jenis ikan yang mudah sekali didapatkan dan sangat mudah diolah menjadi berbagai hidangan kuliner yang sangat lezat. Tapi di sisi lain dari rasanya yang sungguh lezat masih banyak orang yang enggan mengkonsumsi.

Semua itu disebabkan tak lain dari jumlah durinya yang lumayan banyak. Menurut penelitian jumlah bagian duri halus yang ada dibagian dorsal (sirip belakang) berjumlah sekitar 86-88 ditambah lateral (rusuk) 40-44 ada juga ventral (sirip perut) 44-48, dan yang terahkir tulang rusuk 26-28, waw jumlah yang sangat banyak.

Nah kali ini kami akan berbagi tips agar bandeng bisa diolah tanpa duri dan aman untuk keluarga anda. Pertama-tama siapkan ikan bandeng ukuran anatara 25-30 cm, pisau dapur yang tajam, talenan kayu, dan pinset digunakan untuk mencabut duri.

Caranya mudah:

1. Perhatikan dan sayat dibagian punggung ikan dengan pisau yang tajam, dari bagian kepala hingga ke bagian pangkal ekor yang lurus.

2. Kemudian keluarkan dan buang isi perut bandeng, cuci hingga benar bersih.

3. Letakkan ikan tadi di atas talenan yang sudah anda siapkan, sayat tulang bagian tengah dengan hati-hati.

4. Lakukan lagi sayatan pada daging ikan bandeng bagian lateral, dorsal dan ventral, pengalaman di bagian itu terdapat banyak duri-duri halus.

5. Yang terahkir cabut duri yang ada dalam daging ikan yang telah tersayat dengan pinset sampai benar-benar bersih.

Nah sekarang anda dapat mengolah untuk di hidangkan menurut selera anda tanpa peduli lagi terkena duri.